NewsSaleum

Menristek Dikti Lantik Dr Herman Fithra jadi Rektor Unimal

REKTOR

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) RI, Prof Moh Nasir, melantik Dr Herman Fithra ST, MT, menjadi Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, periode 2018-2022 di Gedung Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta. Pelantikan itu bersama rektor dari berbagai kampus lainnya di tanah air.

Dalam sambutannya, Menteri Nasir, meminta Herman terus meningkatkan kinerja perguruan tinggi dan berkolaborasi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk kemajuan kampus itu. Prof Nasir menyebutkan kecanggihan teknologi informasi harus diimbangi oleh kualitas lulusan dan kompetensi dosen. Sehingga, lulusan bisa diserah di dunia kerja atau mendirikan usaha (wirausaha) sehingga menciptakan lapangan baru.

Selain itu, kampus juga didorong berkolaborasi dengan kampus lainnya di luar negeri agar terjadi perturakangan pengetahuan, gagasan, dan kompetensi. Pada akhirnya akan menambah daya saing kampus dan lulusannya.

Sementara itu, Dr Herman, menyebutkan kebijakan pertama yang dilakukan dalam 100 hari yaitu meningkatkan seluruh akreditasi yang kini dalam proses reakreditasi. Dia berharap, akreditasi jurusan dari B bisa meningkat menjadi A.

Selain itu, mengajak seluruh sivitas akademika Unimal untuk bekerjasama membangun kampus itu. Pembangunan kampus sambung Herman bukan semata-mata membangun fisik, juga membangun hubungan harmonis antar seluruh sivitas dengan masyarakat. Dia menyebutkan, keakraban menjadi kata kunci untuk membangun lembaga yang dipimpinnya itu.

“Selain itu, kita juga mengirimkan dosen ke luar negeri, untuk mengambil jenjang doktoral dan post doktoral. Ini harapannya kompetensi dosen meningkat, kualitas lulusan meningkat,” katanya.

Dia menyebutkan, kerjasama dengan dunia industri, dan pemerintah seluruh kabupaten/kota juga akan ditingkatkan. Sehingga, bisa selaras dengan pembangunan kampus. “Kawasan Ekonomi Khusus Arun itu pekerjaan rumah kita, bagaimana Unimal menyiapkan sumber daya manusia siap pakai dan handal,” katanya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik, Unimal itu juga mengapresiasi capaian yang telah diraih selama kepemimpinan Prof Apridar delapan tahun terakhir. “Sebagian program Prof Apridar tentu kita teruskan, ditambah dengan program baru dan inovasi baru. Kampus harus terus berinovasi sesuai revolusi industry 4.0, ” sebutnya.

Biografi Ringkas Dr Herman

Herman Fithra bukan wajah baru di Unimal. Pria kelahiran Lhokseumawe, 7 November 1972 itu, menyelesaikan pendidikan sarjana di jurusan teknik sipil Universitas Sumatera Utara, magister pada jurusan sistem dan teknik transportasi di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan doktoral pada jurusan perencanaan wilayah USU, Medan.

Ayah satu anak itu merupakan dosen pegawai negeri sipil generasi pertama di Unimal. Selama karirnya, berbagai posisi telah tempati mulai dari staf perencanaan, sekretaris jurusan, ketua laboratorium, hingga terakhir menjabat Dekan Fakultas Teknik, Unimal.

Sebelum menjadi pegawai negeri, Herman 1995 menekuni karir di PT Ira Widya Utama Group, bergerak bidang kontraktor, pariwisata dan perkebunan di Sumatera. Jabatan terakhirnya di perusahaan ini sebagai direktur operasional. Sudah sangat mapan secara finansial. Namun, untuk meraih cita-cita mengabdi sebagai pengajar, dia pun meninggalkan perusahaan itu dan ikut tes menjadi pegawai negeri sipil.

Kini, di pundak pria jangkung itu lah kemajuan Unimal berada. Tantangan masih panjang. Dan Herman tentu akan membuktikannya, melewati berbagai tantangan demi kemajuan kampus itu. |DIM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close