Sosok

Herman Fithra, Visioner dari Unimal

Tidak ada yang tidak mengenal Herman Fithra. Sosok bertubuh jangkung ini memang dikenal sebagai pribadi yang akrab di lingkungan Universitas Malikussaleh.

“Beliau sosok yang familiar, ” kata mahasiswi Fakultas Teknik Sipil ketika ditanyai tentang kepribadian dekannya.

Disebutkan, sejak mengemban amanah sebagai Dekan Fakultas Teknik, Unimal, Herman disebut langsung tancap gas mengejar target yang menjadi visi dan misinya.

Herman juga dikenal sebagai sosok yang sangat mendukung tumbuhnya tradisi intelektual di kampus, dan paling senang bila ia mampu memberi kontribusi bagi kemajuan orang lain dalam meraih strata di jenjang keilmuan.

Mahasiswi yang namanya tidak ingin disebut itu menyampaikan harapannya agar Herman Fithra bersedia mencalonkan diri dan terpilih sebagai rektor Unimal.

“Saya berharap beliau terpilih, saya melihat harapan kemajuan ada di dirinya, tapi plis jangan sebut nama saya karena tidak ingin saya disebut berpolitik di kampus, ” tambahnya.

Dari berbagai informasi diketahui Dr. Herman Fithra, ST., MT adalah ayah dari 1 orang anak kelahiran Lhokseumawe, 7 November 1972.

Doktoral (S3) dibidang Perencanaan Wilayah yang diperolehnya di Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, 2014 – 2018 ini dikenal sebagai pemimpin yang memadukan kekuatan kerja keras dengan ibadah sebagai paket sukses.

“Beliau itu pekerja keras, dan sangat suka berkerja dengan target. Menariknya, beliau juga sosok yang menjadikan ibadah sebagai kunci sukses. Saya juga melihat banyak karya tulis yang dihasilkan oleh beliu, sedikitnya ada 26 karya publikasi jurnal yang pernah saya lihat, ” kata Gunawan yang mengaku mengenal Herman Fithra, Rabu (8/8/2018).

Bukan hanya publikasi jurnal, Herman juga disebut memiliki jejak penulisan buku, seperti: Konektivitas Jaringan Jalan Dalam Pengembangan Wilayah Di Zona Utara Aceh Sefa Bumi Persada – Aceh, 2018; Hubungan Antara Konsistensi Perancangan Pelaksanaan dan Pengendalian Mutu Aspal Beton Terhadap Penurunan Kinerja Jalan, Sefa Bumi Persada – Aceh, 2017; dan Durabilitas Beton Aspal (AC – WC) Akibat Rendaman Air Laut, Biena Edukasi, 2015.

Di lingkungan Unimal, Herman juga bukan orang baru. Dari rekam jejak diketahui Herman sudah berada di Unimal sejak 2003 –2004 sebagai Staff Perencanaan Universitas Malikussaleh.

Karirnya terbilang baik sebab tahun 2008 – 2010 dipercaya menjadi Sekretaris Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Berikutnya, tahun 2010 – 2012 dipercaya pula sebagai Kepala Laboratorium Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh.

Pada periode 2012 – 2016 dipercaya sebagai Anggota Senat Fakultas Teknik, lalu menjadi Pembantu Dekan Bidang Akademik, Fakultas Teknik, juga menjadi Anggota Senat Universitas Malikussaleh; dan sekarang sebagai Dekan Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh.

Bukan hanya di lingkungan Unimal, Herman juga memiliki pengalaman di luar kampus, baik di lingkungan swasta maupun di lingkungan Pemda Aceh Utara. Dengan modal pengalaman dan jaringan itu sangat memungkinkan Unimal lebih maju ke depan. “Cocok, cocok sekali beliau memimpin,” sebut rekannya di lingkungan Unsyiah yang juga tidak ingin disebut nama guna menghindari salah tafsir. [*] |ACEHTREND.COM

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *