News

Pemilihan Rektor Unimal Digelar 10 Desember 2018

REKTOR

 

ACEH UTARA | Sebanyak tiga kandidat calon rektor Universitas Malikussaleh, periode 2018-2022 mengikuti pemilihan calon rektor kampus itu, Senin (10/12/2018) mendatang. Ketiganya yaitu Dr Herman Fithra (Dekan FT Unimal), Iskandar Zulkarnaen, PhD (Dosen FISIP Unimal) dan Dr Wesli (Dosen FT Unimal).

Sebelumnya, senat Unimal telah menetapkan ketiganya menjadi calon rektor untuk dipilih kembali pada 10 Desember 2018. Perolehan suara tertinggi pada pemilihan itu akan ditetapkan menjadi rektor dan diusulkan untuk proses pelantikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Prof, Mohd Nasir.

Ketua Senat Unimal, Prof Apridar, Jumat (7/12/2018) menyebutkan pihaknya telah menerima surat dari Kemenristek Dikti RI nomor 5341/A.A2/KP/2018 tertanggal 3 Desember  2018 tentang jadwal pemilihan rektor Unimal pada 10 Desember 2018.

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenristek Dikti, Prof Ainun Na’im itu, sambung Apridar, menteri juga akan mengirimkan perwakilan untuk memberikan suara dalam pemilihan itu. Disebutkan, suara menteri dalam pemilihan yaitu 30 persen dari total jumlah anggota senat.

“Kalau di Unimal, 35 persen itu dikonversi menjadi 18 suara. Ditambah suara anggota senat 35 suara. Jadi total suara dalam pemilihan nanti itu 53 suara,” sebut Apridar yang juga Rektor Unimal saat ini.

Dia menjelaskan, seluruh tahapan pemilihan telah disuvervisi oleh Kemenristek Dikti. Tujuannya berjalan sesuai regulasi yang ada di Indonesia. “Siapa pun yang terpilih, tentu itu yang terbaik menurut anggota senat. Saya tentu berharap pemilihan ini menghantarkan Unimal semakin maju dan berkembang ke depan, menjadi salah satu PTN yang inovatif dan mengentaskan masalah masyarakat,” terangnya.

Selain itu, sambung Apridar, panitia pemilihan telah mengirimkan undangan pada seluruh anggota senat sejak 6 Desember 2018. Pelaksanaan pemilihan akan dilakukan di Aula Meurah Silue, Kampus Pascasarjana, Universitas Malikussaleh, Lancang Garam, Kota Lhokseumawe.

“Siapa pun yang terpilih agar bisa mengemban amanah besar untuk kemajuan lembaga ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada tahap awal sebanyak delapan kandidat mendaftar sebagai bakal calon rektor kampus itu. Dalam sesi pemilihan bakal calon ditetapkan tiga calon dengan raihan suara suara terbanyak yaitu Dr Herman Fithra 27 suara, Iskandar Zulkarnaen PhD 6 suara, dan Dr Wesli satu suara.

Sementara satu suara abstain. Sedangkan lima balon lain yang tidak mendapat suara masing-masing Dr Rusydi, Dr Asnawi, Dr Marbawi, dan Dr Muammar Khadafi (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), serta Dr Suadi (dosen Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik). |HUM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close