News

Unimal Launching 10 Buku Dosen

UNIMALPRESS

ACEH UTARA – Universitas Malikussaleh melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Unimal Prss, menerbitkan 10 buku karya dosen di kampus tersebut, Selasa (10/4/2018). Program hibah penulisan buku ajar itu diinisiasi sejak dua tahun lalu.

 

Rektor Unimal, Prof Apridar, menyebutkan program penulisan buku ini ditujukan untuk membantu dosen menyiapkan buku ajar bagi mahasiswa dari berbagai mata kuliah di kampus tersebut. Setiap tahun, Unimal mengalokasikan 30 judul buku.

 

“Proses seleksi ini dilakukan secara ketat oleh Unimal Press. Setelah diseleksi, dinilai layak, baru dibantu penerbitannya oleh penerbitan kampus kita sendiri Unimal Press,” sebut Apridar.

 

Dia menyebutkan, dosen memiliki kewajiban menulis buku dan jurnal. Salah satunya, lewat bantuan penerbitan buku tersebut. “Kemampuan menulis dosen terus kita dorong, agar bisa menerbitkan buku setiap tahun, minimal satu buku per dosen,” katanya.

 

Khusus untuk Unimal Press, sambungnya, ke depan diharapkan penerbitan itu bisa menjadi penerbitan komersil yang bukunya dijual di seluruh toko buku di tanah air. Sehingga, karya dosen tersebut semakin banyak dibaca oleh mahasiswa, dosen dan praktisi di tanah air.

 

Sementara itu, Kepala UPT Unimal Press, Al Chaidar, menyebutkan pihaknya perlahan terus membenahi distribusi penerbitan. “Ke depan kita ingin jadi penerbit komersil juga. Artinya bukan hanya menerbitkan buku ajar, juga buku lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar buku tanah air,” pungkasnya.  |RE |DI

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close