Fokus

Prof Apridar, Unimal dan Cerita Ustaz Somad

FEB

ADA hal berbeda dalam perayaan Dies Natalies Fakultas Ekonomi, Universitas Malikussaleh (Unimal) ke 29, kali ini. Untuk kuliah umum, panitia mengundang ustaz kondang Abdul Somad.

BACA JUGA : Ketika Unimal Mengembangkan Udang Vaname

Kedatangan pria yang akrab disapa UAZ ini, untuk memberi kuliah umum tentang meneladani Nabi Muhammad sebagai entrepreneur sejati. Di depan puluhan ribu masyarakat dan mahasiswa di Stadion Mini Universitas Malikussaleh, Senin (12/3/2018).

Prof Apridar menyambut kedatangan UAZ di Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara. Setelah sebelumnya dengan pesawat carter jenis Cesna disewa dari Maskapai Susi Air, dari Bandara Kuala Namu ke Malikussaleh.

 

“Ini upaya kita ikhtiar kita untuk membumikan konsep bisnis Islami. Langsung dari ustaz yang juga akademisi. Baru kali ini, kuliah umum dihadiri puluhan ribu orang, bukan hanya dari kampus juga masyarakat,” kata Prof Apridar.

 

Dia menyebutkan, dia menyebutkan praktik bisnis di sebagian masyarakat kerap tidak jujur. Misalnya, soal berat timbangan. Masih ditemui timbangan dikurangi. “Itu praktik yang tidak baik,” sebut Apridar.

Selain itu, dia menyebutkan, meski kampus umum, namun dirinya berkomitmen mengembangkan konsep bisnis Islami. Salah satunya ditandai dengan adanya jurusan ekonomi Islam di kampus mengusung nama besar Sultan Malikussaleh itu.

 

Pada bagian lain, guru besar ekonomi ini berharap konsep pengembangan ekonomi islam, pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan zakat terus dilakukan di kampus itu. Sampai saat itu tercatat ratusan pedagang kecil dan menengah di Lhokseumawe dan Aceh Utara dibantu pembiayaan dan didampingi. “Itu yang kerjakan lembaga amil zakat Unimal. Jadi, produktif terus bergulir, dan dipastikan usaha itu tetap ada dan terus berkembang. Konsep ini bisa dikembangkan oleh pemerintah juga, kita siap berbagi konsep,” katanya.

Kehadiran UAZ di Unimal, sambung Apridar, agar mahasiswa bisa memahami konsep bisnis ala Rasulullah. “Itu patut diteladani,” katanya.

LIHAT JUGA VIDEO : Ustaz Somad di Unimal

Dia mengapresiasi kinerja panitia yang bekerja keras menyukseskan acara tersebut. Ke depan, katanya, kuliah umum dengan melibatkan masyarakat sebagai peserta patut dilakukan. “Agar kita pengetahuan dari kampus juga berbagi dengan masyarakat. Format acaranya bisa seperti tausiah begini,” katanya.

 

Sementara itu, UAZ memuji komitmen Unimal mengembangkan tanaman kurma. Dia menyatakan, kurma tumbuhan yang tahan lama namun bernilai ekonomis tinggi. “Harganya mahal, selama ini kita impor itu kurma. Sekarang beberapa tahun lagi, kita harap Unimal yang sudah mulai menanam kurma, terus berkembang dan semakin besar untuk pasar tanah air,” pungkasnya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close