Info

Unimal dan Cerita Listrik dari Kedondong

CDC

UNIVERSITAS Malikussaleh (Unimal) Aceh mendampingi penyempurnaan riset listrik dari kedondong yang ditemukan oleh Naufal, pelajar kelas sembilan MTs Negeri 1 Langsa.

 

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar, Selasa (23/5/2017) menyebutkan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah menunjuk kampus itu sebagai pendamping Naufal.

 

“Tim itu dibawah lembaga Career Development Center  (CDC) Unimal. Ada empat dosen yang ditunjuk untuk mendampingi Naufal, mereka adalah Daud Nurdin (Teknik Elektro), Rozanna Dewi, Ibrahim Qamarius, Yusriadi (Ekonomi), Laila Nazira (Agroekoteknologi) dan Sofyan Jafar (Hukum),” kata Apridar.

 

Dia menyebutkan tim ini sudah bertemu sekali dengan Naufal Raziq. Namun, sambung Apridar, keluarga Naufal juga harus minta persetujuan pada PT Pertamina yang telah mendampingi inovasi Naufal selama ini.

 

 

“Kita tawarkan pendampingan penyempurnaan teknologi, inovasi ilmiah dan pada akhirnya berbicara tingkat ekonomis listrik ini. Kita siap mendampingi, ini sesuai dengan arahan kementerian riset,” kata Apridar.

 

Dia menyebutkan, Unimal menunggu kesediaan Naufal Raziq dan keluarganya terkait pendampingan tersebut. “Kita siap mendampingi, beberapa hari lalu keluarga Naufal bilang akan bicara dengan Pertamina soal pendampingan ini. Karena selama ini kan pembinaan ditangan Pertamina,” pungkasnya.

 

Nama Naufal Raziq mencuat sejak tahun 2015 lalu ketika dia mengikutsertakan temuannya listrik yang bersumber dari pohon kedondong di Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) di Banda Aceh. Setahun berikutnya dia juga mengikutsertakan temuannya pada TTG di Sabang, Aceh.

 

Setelah itu, sejumlah media nasional memberitakan temuan Naufal. Temuannya dianggap perlu dikembangkan agar bermanfaat pada masyarakat dan bernilai ekonomis.

 

|RE

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close