Info

Yuk, Kuliah di Magister Sosiologi Unimal

FISIP

LHOKSEUMAWE-Universitas Malikussaleh (Unimal) membuka jurusan magister sosiologi pertama di Provinsi Aceh. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unimal, M Akmal menyebutkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI memberikan surat keputusan izin tersebut dengan nomor 275/KPT/I/2017 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenristek Dikti, Prof Ainun Naim.

 

“ Saya sudah terima SK-nya barusan. Jurusan ini diharapkan menjadi tempat belajar semua orang untuk memahami Aceh secara sosiologis. Ini diharapkan menjadi solusi berbagai kompleksitas pembangunan dari persoalan dana berlimpah namun pengangguran juga mencapai 7 persen lebih,” sebut Akmal.

 

Dia menyebutkan, usulan untuk membuka magister sosiologi itu dilakukan tahun lalu dan telah diizinkan untuk menerima mahasiswa baru tahun ini.

 

“Bulan depan kita segera menerima mahasiswa baru. Untuk Aceh, ini jurusan magister sosiologi pertama di seluruh perguruan tinggi negeri,” katanya.

 

Dia menyebutkan pihaknya tahun depan mengusulkan pembukaan jurusan magister politik dan pemerintahan ke Kemenristek Dikti. Sebagai daerah bekas konflik, sambung Akmal, pihaknya ingin mendekatkan akses pendidikan pada masyarakat. “Yang mau kuliah magister bisa di Aceh tak mesti jauh-jauh lagi ke Medan atau daerah lainnya. Soal kualitas pengajar, kita punya pengajar jenjang pendidikan doktoral dan profesor lulusan dalam dan luar negeri,” terangnya.

 

Saat ini, pada tataran ilmu sosial kampus itu telah memiliki magister ilmu administrasi negara. Dengan diizinkannya magister sosiologi, kini kampus itu memiliki dua jurusan magister ilmu sosial yaitu sosiologi dan administrasi negara.

|RE

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close