News

Kembangkan Wisata, Pemko Lhokseumawe Gandeng Unimal

REKTORAT

LHOKSEUMAWE–Pemerintah Kota Lhokseumawe mengajak Universitas Malikussaleh (Unimal) dalam mengembangkan sektor pariwisata di kota itu. Hal itu dinyatakan Wakil Walikota Lhokseumawe,  Yusuf Muhammad saat bertemu Rektor Unimal, Prof Apridar di Kampus Pascasarjana Unimal, Lhokseumawe, Kamis (9/2/2018) sore.

 

“Ide dasarnya kita ingin kembangkan sektor wisata laut, mengoneksikan antara Malaysia-Lhokseumawe-Sabang. Nanti pelabuhan yang digunakan untuk wisata itu yakni Pelabuhan KP3 yang langsung berada di Pusat Kota Lhokseumawe,” sebut Yusuf Muhammad.

 

Dia menjelaskan, ide itu untuk mendongkrak sektor pariwisata Lhokseumawe yang selama ini masih didominasi oleh wisatawan lokal dan asal nusantara. “Agar wisatawan dari Asia Tenggara juga mudah ke Lhokseumawe lewat jalur laut,” sebutnya.

 

Untuk destinasi, sambung Yusuf, Lhokseumawe memiliki kawasan pantai yang cukup indah, serta pengunungan dan wisata buatan seperti Waduk Lhokseumawe dan Waduk Jeulikat yang dapat menjadi daya tarik wisatawan. “Untuk ini, perlu kajian ilmiah dari akademisi, agar bisa berjalanan secara berkelanjutan. Pembenahan wisata pantai terus dilakukan,” katanya.

 

Sementara itu, Prof Apridar menyanggupi tawaran tersebut. Dia menyatakan di kampus itu memiliki pengajar lulusan dalam dan luar negeri yang konsen bidang pariwisata dan pengembangan kawasan pesisir. “Bukan hanya wisata saja yang harus dikembangkan, nelayan juga harus diuntungkan dengan dibukanya wisata secara modern ini. Unimal akan siapkan tim yang bekerjasama mengembangkan sektor wisata, ekonomi mikro dan lainnya untuk Lhokseumawe,” terangnya.

 

Apalagi, sambung Apridar, kerjasama dengan pemerintah daerah bagian pengabdian masyarakat untuk sivitas akademika di kampus tersebut. “Kita diskusikan bersama, kita analisis, mana yang terbaik itu yang dipilih oleh Pemko Lhokseumawe. Apalagi Pak Wakil (Yusuf Muhammad) ini kan alumnus magisternya di Unimal, pasti kita dukunglah,” pungkas Prof Apridar. |KOMPAS

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close