Saleum

Unimal dan Angka 16

REKTORAT

UNIVERSITAS Malikussaleh (Unimal) tahun ini genap berusia 16 tahun. Angka itu diambil sejak universitas itu dinegerikan oleh Presiden RI ke 5, Megawati Sukarno Putri.

 

Ketika berusia 16 tahun, berbagai capaian telah diraih kampus yang kini dipimpin Rektor Unimal, Prof Apridar SE, MSi. Salah satunya, penambahan jurusan sarjana dan magister. Kini, kampus ini memiliki 32 jurusan sarjana ditambah lima jurusan magister. Jurusan itu tersebar pada tujuh fakultas yaitu fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas kedokteran, fakultas teknik, dan fakultas pertanian.

 

“Saat ini, dari tujuh fakultas dan pascasarjana jumlah mahasiswa kita sudah mencapai 20.000. Itu angka yang luar biasa bagi kampus yang berusia 16 tahun,” kata Prof Apridar.

 

Guru besar Ilmu Ekonomi itu menyebutkan, akreditasi institusi kampus itu berada pada peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Di bidang teknologi dan penguatan kewirausahaan, sambung doktor alumnus Universitas Syah Kuala itu juga mulai meraih prestasi. “Setiap tahun, lima atau sepuluh kelompok usaha berbasis teknologi, baik itu dari alumni, mahasiswa maupun dosen dari Unimal lolos sebagai pemenang hibah inkubasi bisnis di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Mereka ini pengusaha muda yang didanai sekitar Rp 300 juta per kelompok oleh kementerian. Ini sumbangsih kita buat pengentasan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja’ kata Prof Apridar.

 

Selain itu, untuk sektor kewirausahaan mahasiswa, puluhan kelompok saban tahun di bina dan didampingi dosen. Usaha mahasiswa itu beragam mulai dari sektor pertanian, perdagangan hingga bisnis informasi. “Ada kerajinan rapai sudah ekspor ke Asia Tenggara. Itu berawal dari mahasiswa telah kita bina dan sekarang sudah eksis di sektor bisnis,” katanya.

 

Soal penelitian, sambung Apridar, seluruh dosen didorong untuk bisa meneliti dan hasil penelitiannya bisa diaplikasikan di tengah masyarakat. Sehingga, produk penelitian tidak hanya menumpuk di perpustakaan dan terdokumen pada sejumlah jurnal nasional dan internasional. “Sedapat mungkin kita dorong agar hasilnya bisa aplikatif membantu masyarakat. Mengatasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dan tentu itu sekaligus membantu industri dan pemerintah,” terangnya.

 

Apridar menyebutkan tahun depan pihaknya akan membuka program doktoral Ilmu Manajemen dan magister Ilmu Pemerintahan. Selain itu, untuk fakultas akan ditambah Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alama (MIPA) serta Fakultas Teknologi Informasi.

 

Di sisi lain, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan dukungan beasiswa bagi mahasiswa asal kabupaten/kota tersebut. Sehingga biaya pendidikan tidak lagi menjadi masalah.

 

“Saat ini beasiswa kita tersedia dari industri, perbankan dan pemerintah daerah serta kementerian riset. Namun dari pemerintah kabupaten/kota ini jumlahnya masih kecil. Kita harap ini semakin banyak yang menerima beasiswa, penyalurannya bisa langsung dilakukan oleh pemerintah daerah,” katanya.

 

Dia berharap, dukungan semua pihak untuk kemajuan kampus tersebut pada masa mendatang. “Tentu kampus tak bisa sendiri. Kemajuan peradaban ini terus kita dorong semakin baik dan itu tentu butuh dukungan semua pihak,” pungkasnya.

 

Dalam rangkaian dies natalies Unimal tahun ini, kampus itu telah menggelar pidato ilmiah menghadirkan Wakil Kepala Polisi Daerah (Waka Polda) Aceh, Brigjen Pol Bambang Soetjahjo, MSi. Seminar nasional tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Selain itu digelar juga lomba untuk anak-anak seperti lomba hapalan surat pendek Al Quran serta lomba mewarnai. Puluhan anak-anak karyawan dan dosen mengikuti acara itu.

 

Untuk kisah sukses agar menjadi inspirasi bagi generasi muda, Unimal menggelar bedah buku biografi Adnan Ganto, komisaris Morgan Bank, Amerika Serikat. Selain itu, juga digelar penanaman puluhan pohon kurma di halaman kampus Reuleut, Aceh Utara.

 

“Kami bersyukur dan berterima kasih pada semua pihak yang mendukung Unimal sampai berusia 16 tahun ini. Semoga Allah SWT terus melindungi langkah kita untuk kemajuan Unimal,” pungkas Apridar.

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close