News

Unimal Buka Kelas Internasional

FEB

LHOKSEUMAWE – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara membuka kelas internasional untuk dua jurusan yaitu jurusan manajemen dan jurusan akutansi. Peresmian pembukaan kelas internasional itu dilakukan Rektor Unimal, Prof Apridar, Kamis (22/2/2018) di  Akademic Hall, Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Dalam sambutannya, Prof Apridar menyebutkan mengapresiasi langkah manajemen FEB Unimal untuk membuka kelas internasional. Diharapkan, tahun depan bisa dibuka kelas internasional dengan dua gelar sarjana dari Unimal dan kampus luar negeri.

“Tahun ini, untuk manajemen 25 orang dan akutansi 30 orang mahasiswa ikut kelas internasional ini. Mereka akan kuliah selama satu semester di tiga kampus di Malaysia yaitu Universitas Negeri Serawak, Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Utara Malaysia,” sebut Apridar.

Selain itu, sambungnya, pihaknya sedang mengurus izin untuk membuka kelas internasional penuh dengan dua gelar. “Semoga tahun depan, izin kelas internasional dengan doble degree(dua gelar) dari Unimal dan kampus lainnya di Malaysia turun dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sekarang izinnya sedang kita ajukan,” katanya.

Dia menyebutkan, telah mengintruksikan dekan fakultas lainnya untuk meniru langkah yang dilakukan fakultas ekonomi kampus tersebut. “Pembukaan kelas internasional ini bagian dari kerjasama yaitu pertukaran dosen dan mahasiswa dengan kampus luar negeri. Dekan fakultas lainnya di Unimal sedang menyiapkan program serupa, sehingga ke depan, mahasiswa asing juga kuliah di Unimal,” katanya.

Sementara itu, Dekan FEB Unimal, Wahyuddin Albra, dalam laporannya menyebutkan pembukaan kelas internasional itu bersamaan dengan dies natalies ke 29 fakultas tersebut. Tahun ini, sambung Wahyuddin Albra pihaknya juga mengusulkan pembukaan program doktoral jurusan ekonomi manajemen ke kementerian.

“Dari jumlah doktor dan guru besar, fakultas ekonomi sudah sangat mencukupi membuka kelas internasional dan program doktor. Proses perizinan sedang kita lakukan,” pungkasnya.

Program Hafiz Quran

Selain itu, Prof Apridar mengingatkan orang tua siswa untuk mendaftar Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2018 yang telah dibuka saat ini. Kebijakan khusus Unimal, sambung Prof Apridar, mengutamakan hafiz Quran. “Kami siapkan program hafiz Quran. Namun, harap ini sertifikat hafiz juga dikirim ke panitia lokal di Unimal setelah sebelumnya diupload ke sistem Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Nanti akan kita uji,dan saya pastikan untuk hafiz itu program perioritas masuk Unimal,” pungkasnya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close