Lima Star up Bisnis Unimal Didanai Ristek Dikti

Lima Star up Bisnis Unimal Didanai Ristek Dikti

IMG_2573 bACEH UTARA  | POLITIKITA.COM– Lima star up bisnis yang diusulkan oleh Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara dipastikan mendapat pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) RI. Kepastian itu diperoleh setelah Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan pengumuman star up yang didanai dalam program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) 2017 tahun ini.

 

Rektor Unimal, Prof Apridar, Rabu (17/5/2017) menyebutkan kelima start up itu yakni emas hutan Indonesia (Terpiadi A Majid) dengan fokus kerak gaharu sebagai bahan minyak wangi mendapat pendanaan sebesar Rp349.506.000.

 

Berikutnya Carimodal.id (Newin Hasan) platform mempertemukan pencari modal dan investor sebesar  Rp 348.000.000. Green Coffee Nanotechnology (Muhammad Ihan) sebesar Rp 348.676.000. Deterjen dari air laut (Mustafa Kamal) sebesar Rp. 349.340.000 dan budidaya udang vaname (Junaidi) sebesar Rp. 349.874.000.

 

“Mereka ini berasal dari alumni Unimal. Kita tentu terus mendorong agar bisnis yang telah mendapat permodalan dari kementerian itu semakin berkembang,” kata Apridar.

 

Dia menjelaskan, setelah mendapat permodalan, Ristek Dikti akan memberikan pelatihan untuk mereka pada 22-26 Mei 2017 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

 

Tahun lalu, pada program yang sama, mahasiswa Unimal juga mendapat akses permodalan dengan membuat platform penjualan daring yang fokus pada sektor usaha kecil dan menengah di Indonesia.

 

“Kita harap, ini upaya meningkatkan peran kampus di masyarakat, pada bagian lain menciptakan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

 

 

|TIM

Share