Ini Kesepakatan Unimal Aceh -UNS Solo

Ini Kesepakatan Unimal Aceh -UNS Solo

SOLO | POLITIKITA.COM– Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Ravik Kasidi, Jumat (12/5/2017) menandatangani perjanjian kerjasama di Ruang Serbaguna UNS, Solo, Jawa Tengah.

Penandatanganan kerjasama untuk lima tahun ke depan itu terdiri dari penguatan tata kelola universitas, persiapan operasional Rumah Sakit Pendidikan (RSP), dan persiapan meningkatkan status Unimal dari PTN Satuan Kerja menuju PTN Badan Layanan Umum (BLU).

Rektor Unimal, Prof Apridar penandatanganan kerjasama itu turut dihadiri Inspektur Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) prof Jamaluddin Wiwoho.

“UNS saat ini statusnya BLU. Ke depan kita ingin Unimal menjadi salah satu PTN BLU di Indonesia,” kata Prof Apridar.

Selain itu, sambungnya, Unimal yang sedang membangun RSP juga perlu memahami tatakelola dan manajemen rumah sakit pendidikan di UNS. Pada bagian lain dia menjelaskan, akan terjadi pertukaran dosen antara Unimal dan UNS. Artinya, kedua kampus akan mengirimkan dosen untuk mengajar mahasiswa jenjang S1 dan S2.

Sementara itu, Rektor UNS Solo, Prof Ravik Kasidi menyebutkan dirinya secara pribadi telah bekerjasama lama dengan Prof Apridar. “Saya pernah melakukan riset selama setahun lebih di Lhokseumawe tentang dampak proyek vital bagi masyarakat Aceh beberapa tahun lalu. Dari situ, saya sangat mencintai Aceh dan masyarakatnya yang sangat ramah. Kerjasama ini akan membawa saya kembali ke Aceh, daerah yang saya anggap kampung ke dua saya,” pungkasnya. |REL

Share