• Home »
  • Info »
  • Aceh Singkil dan Sabang Masuk Program Adik Ristek Dikti
Aceh Singkil dan Sabang Masuk Program Adik Ristek Dikti

Aceh Singkil dan Sabang Masuk Program Adik Ristek Dikti

 

prof-aprKABUPATEN Aceh Singkil dan Kota Sabang tahun ini dinyatakan masuk dalam program afirmatif perguruan tinggi, terdepan, terluar dan tertinggal (Adik 3T) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) RI.

 

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar, Rabu (10/5/2017) menyebutkan kedua daerah itu diberikan kuota sebanyak 15 siswa untuk kuliah di perguruan tinggi terbaik di Indonesia secara gratis.

 

“Artinya Sabang dan Aceh Singkil tahun ini masing-masing 15 orang lulusan SMA mereka kuliah di perguruan tinggi terbaik. Dapat beasiswa dan gratis, mereka kuliah di luar Aceh,” sebutnya.

 

Sementara, kampus di Aceh seperti Unimal program Adik berasal dari provinsi lain seperti Papua dan lain sebagainya. “Ini program kolaborasi antar provinsi. Tahun ini ada 48 universitas dan 22 politeknik se-Indonesia yang menerima program Adik, salah satunya Unimal dan Unsyah kalau di Aceh,” katanya

 

Selain itu, sambung Prof Apridar, Unimal mendorong agar Aceh Utara dan Simeulu juga masuk dalam program Adik tahun depan. Sehingga, dua kabupaten itu juga bisa mendapatkan kuota Adik, dan ini merupakan salah satu peningkatan kualitas sumber daya manusia di Aceh.

 

“Kita harap, pemerintah kabupaten/kota juga mengusulkan Adik. Jadi, kita dorong sama-sama agar pusat memasukan kabupaten lainnya ke Adik, agar anak-anak kita bisa kuliah di kampus terbaik Indonesia dengan biaya ditanggung Ristek Dikti,” terangnya.

 

Mekanisme siswa yang lulus program adik pendaftaran dilakukan dari sekolah ke Dinas Pendidikan di kabupaten/kota, proses verifikasi di kabupaten/kota seterusnya ke Ristek Dikti. Jika sudah lulus, Ristek Dikti akan mengirimkan nama-nama peserta ke kampus tujuan.

 

|DI

 

Share