• Home »
  • Info »
  • Ratusan Mahasiswa Unimal Ikut Pelatihan Jurnalisme Dasar
Ratusan Mahasiswa Unimal Ikut Pelatihan Jurnalisme Dasar

Ratusan Mahasiswa Unimal Ikut Pelatihan Jurnalisme Dasar

 

LHOKSEUMAWE – Program pendidikan Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar kepada mahasiswa setempat yang berlangsung di aula kampus tersebut, Selasa, (28/2/2017). Kegiatan itu mendaulat dua pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe sebagai pembicara. Keduanya yaitu Muchlis Gurdhum dan Agam Khailullah.

 

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unimal, Kamaruddin Hasan, dalam sambutannya mengatakan, pengenalan tentang jurnalistik sangat diperlukan oleh mahasiswa komunikasi. Karena disiplin ilmu yang dipelajari dalam komunikasi, sangat erat hubungannya dengan jurnalistik.

 

Sehingga, pihaknya memandang perlu menggelar pelatihan jurnalistik dasar kepada mahasiswa ilmu komunikasi, yang diharapkan dapat menambah pengetahuan sekaligus memperkaya wawasan tentang komunikasi.

 

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengharapkan kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan dimaksud dengan sebaik mungkin agar hasil yang diharapkan benar-benar optimal didalam mengasah kemampuan.

 

Sementara itu, pemateri pada pelatihan jurnalistik dasar tersebut, terhada bentuk pengenalan dan penulisan berita disampaikan oleh Muchlis wartawan dari LKBN Antara Biro Aceh. Dalam materinya disebutkan, bahwa kegiatan jurnalistik mencakup tiga hal. Antara lain, mencari, mengolah dan menyiarkan berita atau informasi melalui media.

 

Sedangkan terhadap penulisan berita, selain mengikuti kaidah penyusunan berita yang benar, juga  mengunakan kata-kata yang mudah dipahami agar tidak membingungkan pembaca dalam memahami isi pesan atau berita yang disampaikan.

 

Pemberian materi pada pelatihan singkat tersebut, dilakukan dengan metode ceramah dan metode diskusi serta simulasi. Dimana peserta pelatihan mencari sendiri permasalahan sesuai dengan tema yang diberikan dan menyusunnya menjadi sebuah berita. Selanjutnya dipresentasi serta dikoreksi secara bersama-sama.

 

Sedangkan  terhadap pemahaman terhadap kode etik jurnalistik disampaikan oleh Agam Khalillullah dari Harian Waspada. Dimana menurutnya, dalam menjalani profesi serta membuat produk jurnalistik, wartawan dituntut untuk mematuhi kode etik jurnalistik yang telah ditetapkan dalam aturan yang berlaku di Indonesia. |MG

 

Share