InfoNews

Bantu Korban Gempa, Unimal Jemput Pasien Hingga ke Rumah

 

LHOKSEUMAWE – Tim medis dari Universitas Malikussaleh (Unimal) menjemput pasien korban gempa hingga ke rumah di Kecamatan Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya.

 

Rektor Unimal, Prof Apridar, Rabu (14/12/2016) menyebutkan Unimal setelah berkoordinasi dengan Basarnas mendirikan Posko di Puskesmas Pante Raja, Pidie Jaya. Posko ini diisi oleh dokter spesialis, dokter umum, mahasiswa, dosen dan karyawan kampus itu.

whatsapp-image-2016-12-14-at-14-39-08

“Tim Unimal jemput bola, agar layanan kesehatan masyarakat untuk korban gempa di desa-desa Kecamatan Pante Raja terjamin. Misalnya, yang luka-luka bisa diobati di rumah, tanpa harus jauh ke Puskesmas,” sebut Prof Apridar.

 

Selain itu, Apridar mengimbau masyarakat yang ingin meringankan korban gempa bisa menyalurkan bantuan melalui rekening atas nama Donasi Unimal Peduli pada BRI Lhokseumawe dengan nomor 0043-01-002031-30-8.

whatsapp-image-2016-12-14-at-14-37-24-1

“Untuk yang ingin menyalurkan bantuan dalam bentuk barang juga bisa ke Posko Unimal, nanti tim kita akan mendistribusikannya ke penerima yang berhak,’ terangnya.

 

Sementara itu, Koordinator Lapangan Posko Unimal, Dr Rajuddin, menyebutkan untuk masa tanggap darurat hingga hari ke delapan pasca-gempa setiap hari tim Unimal mengobati 50 – 100 orang korban gempa.

 

“Awalnya, di hari-hari pertama kita obati pasien luka-luka. Semakin kemari, penyakit yang muncul misalnya infeksi pernafasan, demam, diare, dan lain sebagainya,” sebut Rajuddin yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Unimal.

 

Bagi pasien yang telah dirawat di rumah, dan telah pulih, sambung Dr Rajuddin, pihaknya meminta untuk pengecekan kesehatan bisa dilakukan di Puskesmas Pante Raja.

 

“Pengecekan kesehatan bisa di Puskesmas. Ini juga memudahkan kerja-kerja tim kami. Sehingga tim bisa menjangkau desa lainnya,” terangnya.

 

Seperti diberitakan sebelumnya gempa 6,5 magnitudo menghantam Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen. Akibatnya ratusan orang luka-luka dan puluhan lainnya meninggal dunia. Ratusan rumah, toko dan gedung juga hancur. |DIM

 

 

 

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close