InfoNews

Tim Psikologi Unimal Bantu Pemulihan Trauma Korban Gempa Aceh

 

LHOKSEUMAWE – Tim Psikologi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, membantu pemulihan trauma bagi korban gempa di Pidie Jaya. Tim ini dipimpin Nursan Junita, melibatkan dosen dan mahasiswa jurusan psikologi kampus tersebut.

 

“Tim memberikan pemulihan trauma di Desa Mancang, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya. Selain itu, tim terus mobile ke desa lainnya,” sebut Nursan, Minggu (12/12/2016).

 whatsapp-image-2016-12-12-at-15-28-16

Dia menyebutkan tim menggelar psikososial bersama anak-anak dengan melakukan terapi bermain.  “Di desa yang sama kami juga melakukan group support therapy terhadap ibu-ibu degan melakukan konselling kelompok, psikoedukasi mengenai reaksi yg terjadi ketika bencana, sharing (berbagi cerita) dan melakukan teknik relaksasi (tense dan relaks),” sebut Nursan.

 

Tim itu terdiri dari Nursan Junita, Romi Fernando,  Abu bakar Sidiq,  Ayu Ningsih dan Nora (Ketua Himapsi).

 

 

Dia menyebutkan, pasca-gempa sangat dibutuhkan tim psikologi di semua lokasi pengungsian. Tujuannya untuk memulihkan trauma masyarakat paska bencana.

 

 

Saat ini, tim psikologi yang membantu pengungsi diantaranya tim psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Negeri Islam Ar Raniry, Universitas Syiah Kuala, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

 

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa magnitudo 6,5 pada 7 Desember 2016 mengakibatkan ratusan bangunan rubuh, di Pidie Jaya, Pidie dan Kabupaten Bireuen. Ribuan orang mengungsi dan hingga kini pencarian korban terus dilakukan. |DIM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close