InfoNews

Prof Apridar: Aceh Utara Perlu Meningkatkan Peran UMKM

LHOKSEUMAWE – Rektor Universitas Malikussaleh, Prof. Dr Apridar,  mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara perlu meningkatkan peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung program ketahanan pangan. Pemerintah juga diminta untuk meningkatkan daya saing produk UMKM dan pembinaan UMKM dalam mendukung program penanggulangan kemiskinan.

“Hanya saja, indikasi rencana program tersebut masih sangat generik. Selain itu, indikasi rencanan program lain yang juga penting, misalnya yang berhubungan dengan pemodalan dan pemasaran, tidak mendapatkan perhatian,” kata Prof Apridar, di Gedung ACC Cunda, Lhokseumawe, Selasa, 29 November 2016.

Di sisi lain, Apridar juga menyebutkan penyaluran kredit perbankan kepada UMKM di Aceh Utara bersifat fluktuatif. Hal ini dilihat dari porsi kreditnya terhadap total kredit yang dikucurkan.

“Hal ini mengindikasikan bahwa dukungan perbankan terhadap UMKM dalam hal akses pemodaan masih rendah dan belum mantap,” kata Apridar.

Menurutnya, fenomena ini tidak sejalan dengan peningkatan total kucuran kredit yang disalurkan oleh perbankan dari waktu ke waktu. Apridar mengatakan tingginya resiko usaha UMKM–seperti sektor pertanian–dan persoalan jaminan pinjaman adalah kendala utama dalam penyaluran kredit perbankan untuk UMKM.

Dia mengatakan di Aceh Utara, sektor-sektor pertanian, perdagangan, dan perkebunan, merupakan sektor unggulan UMKM. Untuk sektor pertanian bisa mengandalkan tanaman pangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sementara di sektor perdagangan ada komoditas-komoditas hasil perkebunan dan perikanan. 

Menurutnya untuk sektor perkebunan berorientasi pada komoditas seperti sawit, kakao, dan kopi. Sementara sektor jasa mengedepankan usaha-usaha yang bergerak di bidang perbengkelan sepeda motor dan mobil. 

Apridar mengatakan komoditas ini harusnya terus dikembangkan di masa datang, agar dapat terus memberikan kontribusi signifikan bagi penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan daerah. |PORTALSATU.COM

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close