Sosok

LPPM Unimal Latih Pemuda Agar Berprestasi

ACEH UTARA Lembaga Penelitian Pengembangan Masyarakat (LPPM)  Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, menggelar seminar lokal dengan mengusung tema “Mewujudkan generasi muda yang berprestasi sesuai dengan nilainilai kearifan lokal” yang berlangsung di Aula Meurah Silue, Gedung Pasca Sarjana kampus Unimal, Minggu (20/11) sekitar pukul 09.30 WIB.

 

Puluhan peserta mengikuti kegiatan itu yang terdiri dari para pemuda Desa Mongeudong, Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, serta dari kalangan mahasiswa, dan akademisi.

 

Dalam kesempatan itu turut menjadi narasumber utama yakni Dosen Psikologi Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, Azwar, S,Psi, C.Ht, MNLP, yang dipandu moderator oleh Zulfikar Syarif.

 

Ketua LPPM Unimal, Aceh Utara, Yulius Dharma, mengatakan, perlu diketahui bersama bahwa tantangan kedepan sangat berat, perkembangan era globalisasi semakin lama akan terus meningkat tentu dengan sesuai perkembangan zaman.

 

Menurutnya, maka untuk itu bagaimana para pemuda atau generasi penerus bangsa harus mampu menghadapi perkambangan tersebut, peran pemuda sangat penting untuk melakukan suatu perubahan kedepan, maka perlu persiapan diri mulai sekarang sebaikbaiknya.

 

“Tujuan kegiatan ini adalah bagaimana kita bisa memberikan motivasi kepada para pemuda untuk meyakinkan diri serta mengenal karakter orang lain, sehingga mereka mampu menghadapi berbagai macam persoalan dalam kehidupan. Karena jika generasi muda tidak mengenal diri terlebih dahulu dengan baik, maka bagaimana mereka ingin melakukan suatu perubahan untuk masa depan,” kata Yulius Dharma, Minggu (20/11).

 

Sementara itu, pemateri Dosen Psikologi Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, Azwar, S,Psi, C.Ht, MNLP, mengatakan, seiring perkembangan zaman tentu sangat diperlukan strategi hidup untuk mewujudkan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya masing–masing.

 

“Artinya memotivasikan diri sendiri itu sangat penting dalam kehidupan, karena selama perjalanan hidup kita ini banyak sekali tantangan dan rintangan yang kita hadapi. Terkadang sesekali kita dilanda suatu permasalahan yang begitu berat pada diri kita, maka ketika saat posisi kita seperti itu bagaimana untuk menghadapinya dengan bijak dan itu yang paling penting,” ujar Azwar.

 

Lanjutnya, jika ingin menjadi orang yang sukses, maka membiasakan diri untuk melakukan hal yang positif dalam kehidupan, bahkan hal sekecil apapun dan asalkan bisa bermanfaat terhadap orang lain.

 

“Peran generasi penerus bangsa sangat penting dalam melakukan suatu perubahan khususnya di daerah kita sendiri, maka mari bersama–sama membangun jati diri yang lebih baik guna mewujudkan masa depan yang cemerlang,” ungkap Azwar. |PELITA8.COM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close