InfoNews

LPPM Unimal Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

LHOKSEUMAWE- Lembaga Penelitian Pengembangan Masyarakat (LPPM)  Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, berkerjasama dengan Komisi Indenpenden Pimilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, menggelar sosialisasi pilkada untuk pemilihan pemula Kota Lhokseumawe,  yang berlangsung di Aula Meurah Silue, Gedung Pasca Sarjana kampus Unimal, Selasa 22 November 2016 sekitar pukul 10.00 WIB.

 

Kegiatan itu dengan mengusung tema “Hak politik pemuda dan remaja (Pemilih pemula) di Kota Lhokseumawe” yang dikuti ratusan mahasiswa serta pemuda Kota Lhokseumawe.

 

Turut menjadi narasumber diantaranya Komisioner KIP Lhokseumawe, Dedy Syahputra, Dosen FISIP Unimal,  Alfian, SHI, MA dan Ketua  LPPM Unimal, Aceh UtaraYulius Dharma, yang dipandu moderator oleh Zulfikar Syarif.

 

Ketua  LPPM Unimal, Aceh UtaraYulius Dharma, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi secara dini kepada para pemilih pemula, supaya peserta cerdas dalam menetukan hak pilihnya,  disamping itu cermati visi dan misi calon pemimpin yang akan dipilih dan sekaligus untuk tidak menerima segala bentuk berupa politik uang.

 

“Supaya mereka (Pemilih pemula) khususnya di Kota Lhokseumawe lebih cerdas dalam menentukan hak pilihnya. Karena disini ada sebagian yang belum pernah memilih pada saat pilkada berlangsung, dikarenakan usianya belum memenuhi syarat untuk pemilihan. Maka untuk itu, kita melakukan sosialisasi hal ini berkat kerjasama dengan KIP setempat dan diharapkan pemilih pemula dapat menentukan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ujar  Yulius Dharma, Selasa 22 November 2016.

 

Sementara itu, Komisioner KIP Lhokseumawe, Dedy Syahputra, mengatakan, saat Pilkada 2017 nantinya sangat penting peran pemuda (Pemilih pemula) dalam menentukan hak pilih, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi seperti ini sampai dengan menjelang hari H (Pemilihan).

 

“Karena selama ini kita melihat bahwa sebagian pemilih pemula ada yang menganggap untuk memilih calon pemimpin pada saat pilkada itu merasa tidak penting, maka oleh karena itu kita juga ingin mengajak mereka (Pemuda) khususnya di Lhokseumawe untuk bersama-sama merubah pola pikir dalam menghadapi Pilkada 2017 mendatang,” ujar Dedy Syahputra.

 

Dalam kesempatan itu, Komisioner KIP Lhokseumawe, Dedy Syahputra, juga turut melakukan simulasi atau tatacara pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) kepada para peserta sosialisasi tersebut. |PELITA8.COM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close