InfoNewsSosok

Rektor Unimal Terima ICSB President Award 2016

 

REKTOR Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar, Selasa (15/11/2016) menerima ICSB Indonesia President Award 2016. Penghargaan itu diserahkan oleh Presiden the International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Hermawan Kertajaya kepada sejumlah tokoh di Gedung RRI Banda Aceh.

 

Unimal menerima award itu untuk kategori akademik bersama Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Kedua kampus ini dianggap berdedikasi untuk pengembangan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Aceh.

 

“Kami menyerahkan penghargaan ini untuk sejumlah tokoh di tanah air, kami selenggarakan di 18 kota di Indonesia untuk tahun 2016,” sebut Hermawan Kertajaya.

 

Sementara itu, Prof Apridar menyebutkan dirinya tidak pernah berpikir apa yang kita kerjakan di kampus mendapat penghargaan dari lembaga lain.

img-20161115-wa0030

“Saya hanya berpikir bagaimana kampus ini mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.  Kita tahu, ketika krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998, hanya sektor UMKM yang tidak tumbang dan bangkrut. Sektor makro, industri raksasa semuanya gulung tikar, dan berdampak pada pemecatan tenaga kerja. Atas pengalaman itu, saya mendorong agar setiap tahun, lewat program kewirausahaan mahasiswa kita membantu pengembangan usaha kecil,” sebut Prof Apridar.

 

Dia mengucapkan terima kasih pada ICSB Indonesia yang telah memberikan penghargaan itu. Selama ini, di kampus tersebut pihaknya setiap tahun membuat program kewirausahaan mahasiswa. “Jumlahnya terbatas, hanya 60 an kelompok mahasiswa. Mereka ini kita dampingi hingga sukses. Kami ajak kabupaten/kota dan Pemerintah Aceh untuk mendorong pengembangan UMKM Aceh. Mari sama-sama mendorong pertumbuhan UMKM Aceh,” terang Prof Apridar.

 

Dia menilai, pengembangan sektor UMKM bisa mengurai angka pengangguran yang terus meningkat dari tahun ke tahun di Aceh. Selain itu, sektor UMKM berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

 

“Namun,gerakan UMKM ini butuh kerjasama semua pihak. Sehingga maju dan berkembang,” pungkas Prof Apridar.  |ABI

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close