InfoNews

Rektor Unimal Hadiri Ulang Tahun Unsyah ke 55

BANDA ACEH- Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) meluncurkan dua buku sekaligus pada Malam Kesenian Unsyiah dan penutupan Milad Unsyiah ke-55 di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat malam, 4 November 2016 lalu.

 

Ketua Tim Penulis Buku, Dr. Ilham Maulana mengatakan, kedua buku yang diluncurkan masing-masing berjudul Refleksi 55 Tahun Unsyiah dan Jiwa-Jiwa yang Terpilih.

 

“Buku Refleksi 55 Tahun Unsyiah menceritakan perjalanan kampus Unsyiah sebagai kampus tertua di Aceh selama kurun waktu lebih dari setengah abad,” ujar Wakil Dekan III FMIPA Unsyiah itu melalui siaran pers, Senin, 7 November 2016.

 

Menurutnya, buku tersebut menjelaskan awal mula berdirinya Unsyiah dan pencapaian prestasi Unsyiah baik itu prestasi institusi maupun sivitas akademika. Buku itu turut menceritakan target yang ingin dicapai Unsyiah di masa mendatang.

 

“Sedangkan buku Jiwa-Jiwa yang Terpilih merupakan kumpulan lima belas kisah inspiratif sivitas akademika Unsyiah dalam menghadapi musibah gempa dan tsunami pada 2004 silam,” kata mantan Kepala Humas Unsyiah tersebut.

 

Diharapkan, kehadiran dua buku tersebut dapat lebih mendekatkan Unsyiah dengan masyarakat dan menjadi sumber informasi bagi masyarakat, serta memberikan hikmah untuk masyarakat dalam menghadapi bencana.

 

Di sisi lain, Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal M.Eng dalam sambutannya berharap agar seluruh sivitas Unsyiah dapat terus bekerja untuk membangun kampus. Terlebih lagi Unsyiah saat ini semakin dikenal dan menoreh banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

“Kita berharap pada tahun 2017 dan seterusnya Unsyiah selalu meraih prestasi, termasuk dengan meningkatkan jumlah doktor dan profesor di masing-masing fakultas,” sebutnya.

 

Ia menjelaskan, saat ini Unsyiah memiliki 425 doktor. Ditargetkan pada tahun 2020 Unsyiah akan memiliki minimal 700 doktor atau 60% dari jumlah dosen pengajar.

 

Peluncuran kedua buku tersebut merupakan rangkaian acara peringatan milad Unsyiah yang berlangsung sejak awal tahun. Dalam perayaan milad Unsyiah telah terlaksana beberapa kegiatan, seperti Kejuaraan Tarung Derajat, Drum Band Competition, International Food Festival, Unsyiah Games, Fun Bike, Bakti Sosial di Gayo Lues, Innovation Expo, Lomba Blog, Zikir Akbar, Donor Darah Massal, Annual Iinternational Conference, serta Orasi Ilmiah dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, DR Zulkifli Hasan.

 

Malam puncak milad Unsyiah ini turut dihadiri Rektor Universitas Malikussaleh, para wakil Rektor, dekan fakultas, dan ribuan mahasiswa. Acara tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan seni dari mahasiswa Unsyiah yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.[PORTALSATU.COM]

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *