InfoNews

Baru 6 Siswa Daftar TPBI

 

LHOKSEUMAWE –  Meski telah dibuka sejak 17 Oktober lalu, namun minat siswa mengikuti Tes Potensi Bidang Ilmu (TPBI) masih minim. Buktinya, hingga Senin (7/11/2016) baru 6 siswa yang mendaftar melalui website https://penerimaan.spmb.or.id

 

Padal TPBI memudahkan siswa untuk lulus ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. “Hingga saat ini di Universitas Malikussaleh (Unimal) baru 6 orang yang mendaftar. Mungkin masyarakat atau orang tua wali belum mengetahui manfaat TPBI itu,” sebut Rektor Unimal, Prof Apridar, Senin (7/11/2016).

 

Dia menyebutkan tes ini diperlukan bagi siswa kelas 12, yang akan mendaftar di perguruan tinggi negeri. Sehingga, siswa mengetahui kemampuan dan bakatnya dibidang tertentu. Pada akhirnya, tidak ada lagi siswa yang memilih jurusan yang salah dan tak sesuai bakatnya.

 

“Siswa yang ikut TPBI ini memiliki nilai tambah. Kami akan memperioritaskan itu untuk lulus pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pengalaman tahun lalu, mereka yang ikut TPBIumumnya lolos SNMPTN. Waktu pendaftaran masih sampai 25 November 2016,” sebut Prof Apridar.

 

Dia merincikan, pembayaran formulir dilakukan pada bank sejak 17 Oktober – 25 November 2016 khusus Unimal biaya pendaftaran Rp 300.000, cetak kartu ujian pada 17 Oktober-26 November 2016 dan ujian tulis akan dilakukan pada 27 November 2016. 

 

Untuk tahun ini, tercatat hanya tujuh PTN yang menggelar TPBI yaitu Universitas Malikussaleh, Universitas Syah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Samudera (Aceh) Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Andalas (Padang) dan Universitas Udayana (Bali).

 

“Para orang tua mungkin bisa mencoba melihat kemampuan anaknya melalui tes ini. Sehingga, ketika mendaftar di PTN nanti, sudah memilih jurusan yang tepat sesuai bakat dan kemampuannya,” pungkas Prof Apridar. |DIM

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close