FokusNews

Sumbangsih Kampus untuk Kemajuan Desa

ACEH UTARA– Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe Yulius Dharma, S.Ag.M.Si, minta agar mahasiswa mulai mengambil peran dalam pembangunan di Gampong (Desa-red), bahkan jika perlu calonkan diri jadi Keuchik (kepala desa-red).

” Usai Kuliah jadi sarjana pulang kampung, bangun desa jangan paksakan menenteng map dari kantor ke kantor wujudkan kesejahteraan dan kemakmuran dari sana” Ujar Yulius.

Undang-undang desa membuka peluang besar untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran namun harus di dukung oleh sumberdaya manusia (SDM) yang memadai, makanya sarjana harus mengambil peran strategis.

Hal itu disampaikan Yulius Dharma di hadapan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata pembelajaran Pengabdian kepada masyarakat ( KKN-PPM) Unimal Tim I Angkatan XX tahun 2016 di Aula Sulthan Malikussaleh Kampus Reuleut Aceh Utara, Selasa (25/10).

Ketua panitia pelaksana KKN Unimal H.Anwar Puteh, SE.ME Menyebutkan jumlah peserta KKN angkatan XX sebanyak 758 orang, mereka akan di turunkan ke 54 desa dalam wilayah Aceh Utara masing- masing 12 desa di Kecamatan Dewantara sebanyak 140 mahasiswa, 14 desa di Kecamatan Muara Batu 196 mahasiswa dan 30 desa di Kecamatan Sawang 422 mahasiswa.

KKN yang menggusung tema Efektifitas Pemanfaatan Dana Desa ini di dominasi oleh mahasiswa  Fakultas Ekonomi jumlahnya 422 orang disusul Fisip 165 orang, Fakultas Teknik 72 orang Fakultas Pertanian 48 orang dan Fakultas Hukum 24 orang. Mereka diwajibkan menetap di desa selama satu bulan mulai tanggal 26 Oktober- 26 November 2016.

“Berikan yang terbaik kepada masyarakat karena kesempatan seperti ini hanya sekali selama masa perkuliahan” pesan Anwar Puteh dalam laporannya.

Terkait dengan tema KKN kali ini yang menyangkut dana dana desa  Rektor Unimal Prof.Dr.Apridar.M.Si, mengingatkan agar mahasiswa tidak salah mengartikan, mereka diturunkan ke desa bukan untuk mencari cari kesalahan masyarakat dan aparatur melainkan untuk memberikan dukungan sesuai dengan bidang keilmuan masing- masing sehingga mendorong percepatan kemandirian desa. Mahasiswa diharapkan melakukan pengabdian dengan tulus.

“Kebangkitan kampus akan terlihat jelas dari peran mahasiswa dalam masyarakat, mahasiswa adalah ujung tombak pengabdian karena itulah Unimal tetap konsisten menjalankan Program KKN kendati Aceh  di landa konflik” tegas mantan Ketua SMPT (senat mahasiswa perguruan tinggi) Unsyiah tersebut saat membuka pembekalan peserta KKN-PPM.

Direncanakan mahasiswa akan di antar ke desa secara simbolis oleh Bupati Aceh Utara H.Muhammad Thaib  dari halaman kantor Bupati besok pagi, Rabu (26/10). |PELITA8.COM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close