FokusInfoNews

Unimal dan URI Sepakat Kembangkan Potensi Laut Aceh

BANDA ACEH – Pihak Universitas Malikussaleh (Unimal) AcehUtara dan University of Rhode Island (URI), Amerika Serikat, melakukan pertemuan di sebuah hotel dalam kawasan Banda Aceh, Jumat (28/10/2016) untuk membicarakan beberapa hal penting dalam rangka pengembangan Unimal ke depan.

Pertemuan itu dihadiri Mohd Heikal, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unimal, didampingi Zulfikar PhD dan Munawar Khalil dari Marine Center Unimal. Sedangkan dari URI hadir Brook William Rose (Representative URI di Indonesia), John D Kirby PhD (Dekan Lingkungan dan Ilmu Pengetahuan URI), Robert H Thompson PhD (Ketua Departemen Kelautan dan Direktur Hukum Laut URI), serta Devi Diana (Manajer Kemitraan Perguruan Tinggi, Indonesia Education Partnership).

Dalam pertemuan itu kedua pihak sepakat mengembangkan potensi kelautan Acehdemi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu, akan ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama antarkedua universitas.

Bahkan proposal yang diajukan Unimaltentang Rencana Strategis untuk Pengembangan Wilayah Pesisir dan Sumber Daya Kelautan Aceh mendapat respons positif dari pihak URI, karena URI juga telah mengembangkan hal serupa di Provinsi Lampung.

“Secara khusus pihak URI berharap Unimalmenjadi pelopor utama dalam pengembangan kawasan pesisir di wilayah utara dan timur Aceh,” ujar Mohd Heikal kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat malam.

Menurutnya, rencana strategis itu nantinya tidak hanya akan menghasilkan rencana tata ruang laut dan pesisir Aceh, tapi juga pola pengembangan masyarakat pesisir dalam rangka peningkatan ekonomi. Termasuk pengembangan pariwisata yang memiliki dampak positif bagi pengembangan daerah.

Pihak URI juga akan memberikan kesempatan kepada Unimal dalam pertukaran staf pengajar, riset bersama, dan pengembangan pendidikan. Untuk itu, pihak URI mengundang Unimal berkunjung ke URI dalam rangka penandatanganan MoU terkait hal yang telah dibicarakan tersebut.

Terpisah, Rektor Unimal, Prof Dr Apridar membenarkan bahwa pihaknya telah menerima undangan resmi dari URI dan akan segera menindaklanjutinya. “Mungkin setelah perayaan Thanks Giving di Amerika kami akan berkunjung ke sana. Saya sudah sampaikan kepada Ketua LP3M Unimaluntuk berkoordinasi dengan pihak URI, sehingga niat mulia tersebut berjalan sukses,” kata Apridar.

Ia tambahkan, kerja sama bidang kelautan dengan URI itu semakin relevan dan mendesak, mengingat Unimal baru saja mendapat izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui SK Nomor 415/KPT/I/2016 untuk segera menerima mahasiswa baru S1 Prodi Ilmu Kelautan. /SERAMBINEWS.COM

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close