BincangNews

HERMAN FITHRA ; Kami Siapkan Dana Publikasi Hasil Penelitian

PRIA tinggi ini belum lama memimpin Fakultas Teknik (FT), Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh. Itulah Herman Fithra, Dekan FT Unimal. Sejak terpilih hingga kini dia tancap gas untuk mengejar target yang menjadi visi dan misi. Banyak hal yang harus dikerjakan.

Berikut petikan lengkap wawancara tim WartaUnimal, dengan Herman.  

 

Apa yang Anda lakukan setelah dilantik?

Setelah saya dilantik, saya mengajak seluruh komponen yang ada di FT UNIMAL untuk menyukseskan visi, misi dan tujuan Fakultas Teknik serta memaparkan program-program kerja dekan kedepannya.

Fokus kinerja Anda?

Fokus kinerja saya kedepan adalah untuk meningkatkan akreditasi jurusan dan prodi yang belum, meningkatkan penelitian dan pengabidian masyarakat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar kampus UNIMAL.

Herman Fithra usai terpilih menjadi Dekan FT Unimal, Aceh @WartaUnimal
Herman Fithra usai terpilih menjadi Dekan FT Unimal, Aceh @WartaUnimal

Target Anda yang sudah dan yang belum tercapai?

Beberapa target untuk pengembangan dosen dalam hal menulis jurnal, penelitian dan karya ilmiah. Yang telah dilakukan adalah memotivasi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bersama. Satu hal FT Unimal menyiapkan dana untuk penelitian dan pengabdian tersebut serta menyediakan dana untuk publikasi hasil-hasil penelitiannya melalui jurnal international, nasional terakreditasi dan mengirimkan dosen-dosennya untuk mengikuti seminar-seminar hasil penelitian.

Bagaimana mana mengatur hubungan pimpinan dan staf?

Untuk mengelola hubungan pimpinan dan staff agar terjalin seperti yang diinginkan, saya mencoba untuk selalu berkomunikasi dengan baik dan saling menjaga hubungan silaturrahmi. Juga memberikan reward bagi yang berprestasi dan punishmant bagi yang berbuat salah untuk menjaga motivasi kerja.

Apa yang membuat Anda kesal?

 Hal yang membuat saya kesal apabila semua jenis pekerjaan yang sudah saya perintahkan tidak dikerjakan dan diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Program apa yang paling berkesan selama Anda memimpin?

Program yang paling berkesan disaat saya memimpin dalam hal mendorong kawan-kawan dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doctoral (S3) dan menyiapkan dana bantuan untuk itu.

Program apa yang Anda susuh jangka pendek, menengah dan jangka panjang?

Beberapa program yang akan saya susun mengacu kepada rencana strategis FT UNIMAL tahun 2014 – 2019 guna mewujudkan inovasi untuk kebenaran.

Bagaimana realisasi program itu saat ini?

Realisasi program tersebut pada saat ini dalam tahap pengembangan dan akan di selesaikan pada tahun 2019.

Apa susah dan senangnya memimpin ?

Susah senang dalam memimpin sudah menjadi hal yang lumrah pada semua pimpinan. Namun bagi saya, susahnya memimpin apabila target tidak tercapai, dan senangnya memimpin apabila target yang diharapkan tercapai sesuai rencana.

Pesan Anda untuk mahasiswa, staf dan dosen?

Pesan saya untuk mahasiswa rajin-rajinlah belajar dan menuntut ilmu. Untuk staf saya juga berpesan agar selalu rajin bekerja dan semangat dalam menghadapi pekerjaan yang sesulit apapun karena itu adalah ibadah. Sedangkan untuk dosen agar mengajarlah lebih giat supaya mahasiswa kita dapat bersaing dalam menghadapi tantangan di era globalisasi dan diikuti dengan penelitian dan pengabdian serta publikasi hasil-hasil penelitiannya.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close